Tips Sukses Berbisnis Lewat Tokopedia

Saat ini siapa yang tidak kenal Tokopedia, iya sebuah market place paling besar di Indonesia. Hampir semua orang yang pernah belanja online hampir dipastikan pernah juga belanja di Tokopedia. Pelanggan dari Tokopedia sudah sangat banyak dan ini artinya sangat potensial bagi anda untuk berjualan lewat Tokopedia. Tetapi apakah berjualan diTokopedia bisa sukses ? dan bagaimana tips sukses berbisnis lewat Tokopedia? Lewat tulisan ini semua akan dibahas berdasarkan dari pengalaman salah satu seller di Tokopedia yaitu Chinatown yang sudah berhasil menjual produknya sebanyak 400ribuan !! Sangat banyak ya..

Toko Chinatown ini sendiri berdiri sejak tahun 2014 dan pemiliknya adalah bukan pemain baru didunia digital yaitu seseorang yang koita beri nama saja mr X karena dia tidak mau terkenal. Mr X ini sudah bermain di dunia digital sejak tahun 2008 dengan berjualan alat listrik dari website. Jaman dahulu berjualan online memang tidak banyak pilihan seperti sekarang karena hanya mengandalkan website dan SEO (Optimasi melelui google secara gratisan) atau jjuga memakai Google adwords yaitu beriklan di situs google. Nah dengan pengalaman ini beliau mencoba peruntungan berjualan produk import dari China di Tokopedia.

Dengan penjualan total sebanyak 460an ribu produk dapat dijadikan pegangan bahwa beliau sukses berjualan lewat Tokopedia. Banyak orang yang tidak tahu bagaimana sukses berjualan lewat Tokopedia, yang mereka tahu hanya berjualan dengan membuka toko di Tokopdia dan pasrah saja tinggal menunggu pembeli. Ternyata Mr. X ini tidak begitu mainnya dia membeli barang dari China dengan import langsung dan disana dia sudah ada orang yang membelikan barangnya. Kata beliau barang apa saja dari China akan laku karena memang hampir semuanya inovatif dan murah harganya.  Selain inovatif barang-barang dari China juga sangat murah sehingga konsumen suka membelinya.

Berikut ini adalah tips sukses berbisnis lewat tokopedia :

1.Selalu menggunakan judul /kata kunci barang dengan lengkap

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa harga adalah segalanya ketika berjualan di Tokpedia ternyata itu tidak berlaku buat owner toko Chinatown ini. Karena penjualan dari barang sebagian besar adalah konsumen mencarinya lewat kata kunci yang mereka ketik sehingga kelengkapan dari kata kunci sangat menentukan produk kita akan muncul atau tidak di pencaharian lewat Tokopedia. Sebagai contoh adalah seperti dibawah ini ketika satu produk memiliki nama dalam bahasa inggris dan Indonesia.

2. Lakukan layanan dengan baik dan cepat

Setiap pertanyaan dan transaksi hendaknya di respon dengan cepat karena ini berhubungan dengan kinerja dari toko online anda. Semakin bagus sebuat toko online dalam hal pelayanannya maka konsumen akan datang dan datang lagi tanpa anda melakukan promosi. Tujuannya adalah supaya konsumen melakukan repeat order atau order lagi di toko online anda. Oleh sebab itu pastikan anda memilliki team untuk toko online anda di Tokopedia.

3. Harga Yang Kompetitif

Walaupun harga bukan faktor yang terpenting akan tetapi harga adalah faktor yang penting ketika menjual di Tokopedia. Karena Tokopedia menggunakan filter harga termurah sehingga produk anda juga wajib memilki harga yang kompetitif.

4. Iklan DI Tokopedia

Beriklan di Tokopedia juga penting bagi anda yang ingin tokonya dapat pengunjung yang banyak dan otomatis akan terjadi transaksi penjualan yang juga banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *