Tips Belajar Sepatu Roda Atau Inline Skate Untuk Pemula

Bagaimana sih tips belajar sepatu roda atau inline skate untuk pemula ? Sebenarnya sepatu roda dan inline skate mempunyai perbedaan secara bentuk yaitu kalau sepatu roda itu memiliki 4 roda pada setiap sepatunya 2 sisi kanan dan 2 sisi kiri. Sedangkan inline skate memiliki roda satu garis saja sebnaya 3-4 roda tergantung dari jenis inline skate. walaupun kedua memiki perbedaan bentuk akan tetapi sama sama memerlukan keseimbangan untuk bisa menguasainya.

Tips Belajar Sepatu Roda Atau Inline Skate Untuk Pemula

Untuk belar sepatu roda atau inline skate tidak dipengaruhi oleh usia loh baik muda ataupun sudah dewasa masih bisa belajar. Memang ketika masih anak-anak lebih cepat belajarnya karena anak-anak tidak menganl rasa takut. Ini dibuktikan oleh kedua anak saya. Yang satu belajar di usia 6 tahun dan satunya lagi belajar diusia 3 tahun. Justru yang paling cepat bisanya anak saya yang berusia 3 tahun .

Kok bisa ya masih kecil tapi justru lebih bisa belajarnya ? menurut saya mungkin karena semangat anak saya yang lebih kecil lebih besar dan juga tidak mengenal rasa takut untuk jatuh sepertinya. DIbandingkan anak saya yang berusia 6 tahun yang lebih takut-takut ketika belajar. Saya sendiri lebih suka mengajarin anak bermain sepatu roda dibandingkan mengajarin sepeda. Karena mengajarin sepeda kita lebih capek harus berlari mengikuti laju sepeda yang cepat, karena takut jatuh kalau tidak diikuti.

Berikut ini adalah tips belajar sepatu roda atau inline skate untuk pemula :

1. Pilih Sepatu roda atau Inline Skate

Memilih sepatu roda atau inline skate sesuai dengan kebutuhan kita. Karena saya membelikan sepatu roda untuk anak maka yang pertama saya pilih adalah inline skate yang memilki ukuran yang sama dengan kaki anak saya. Ini untuk kenyamanan mereka dalam bermain inline skate. Kemudian saya pilih inline skate yang bisa di besar dan kecilkan ukurannya. Ini penting karena kaki anak cepat sekali membesar sehingga kita tidak perlu beli inline skate yang baru lagi ketika kaki anak membesar karena inline skate bisa dibesarkan sendiri ukurannya. Kemudian pilih inline skate yang memiliki bahan yang bagus. Karena banyak inline skate yang murah akan tetapi bahannya kurang bagus sehingga cepat rusak. Sayang kan kalau sudah beli tetapi cepat rusak, walaupun murah tetapi tetapi saja uang yang dikeluarkan lumayan kalau rusak.

2. Belajar Berdiri

Hal pertama yang harus dilakukan untuk bisa bermain sepatu roda atau inline skate adalah belajar berdiri sendiri. Ini terlihat mudah akan tetapi sebenarnya untuk pemula agak susah karena kita biasa berdiri tanpa roda yang licin dan ini kita berdiri diatas roda. Sehingga menjaga keseimbangan adalah yang paling penting supaya tidak jatuh.  Kalau anak biasanya berdiri dipegangi oleh orang tuanya sendiri. Kalau sudah bisa seimbang baru dilepas dan harus dibiasakan seimbang yang agak lama. Kalau yang sudah besar cara berdirinya lebih baik diatas lantai yang tidak licin seperti rumput atau karpet. Nah dengan diatas rumput atau karpet kita bisa berdiri dengan lebih nyaman.

3. Belajar Berjalan

Ketika sudah bisa berdiri sendiri maka langkah selanjutnya adalah belajar berjalan tanpa meluncur diatas roda. Belajarlah berjalan seperti berjalan pada umumnya tanpa sepatu roda. Ini untuk membiasakan diri kita untuk berjalan dengan memakai sepatu roda. Kalau masih kecil bisa dipegangi oleh orang tuanya sedangkan yang sudah besar bisa juga dipegangi atau kalau belajar sendiri bisa pegangan ke tembok.

4. Belajar Meluncur

Kalau sudah bisa berjalan sendiri maka langkah selanjutnya adalah belajar meluncur diatas sepatu roda atau inline skate. Nah ini adalah saatnya belajar sebenarnya yaitu meluncur. Cobalah sedikit demi sedikit meluncurkan sepatu rodanya diatas lantai perlahan lahan dengan membentuk huruf V pada kaki kita. Satu kaki mendorong dan kaki satunya meluncur. Lakukan ini terus menerus sampai lancar. Dengan semangat belajar yang tinggi maka cukup satu hari anda bisa meluncur memakai sepatu roda atau inline skate. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *