Tempat Liburan Bersama Keluarga Di Jawa tengah dan Yogyakarta

Liburan akhir tahun 2017 ini saya dan keluarga jalan-jalan ke Jawa tengah dengan mengendarai mobil pribadi. Saya memiliki 3 orang anak dengan usia 9 tahun, 6 tahun dan 2 tahun. Berlibur bersama keluarga dengan anak yang masih kecil memiliki tantangan tersendiri karena kita tidak pernah tahu apakah mereka suka dengan objek wisatanya atau tidak. Ini pengalaman saya pribadi ingin bahas tempat liburan bersama keluarga di jawa tengah dan yogyakarta yang saya kunjungi akhir tahun 2017.

Saya berkunjung ke Banyumas selama 1 minggu, kunjungan ini lebih banyak menengok orang tua di Banyumas. Sudah lama orang tua saya pindah ke banyumas dari Jakarta. Karena ini sifatnya menengok orang tua maka saya tidak banyak berlibur di banyumas dan juga karena memang saya sudah cukup sering ke kota ini sehingga sudah banyak tempat wisata yang pernah saya kunjungi.

SMALL WORLD

Daerah wisata yang cukup terkenal adalah Batu Raden yang terletak di kaki gunung Slamet yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah. Ada satu tempat wisata baru yang saya pikir cocok sebagai tujuan wisata bersama keluarga. Nama tempat tersebut adalah Small World atau bisa juga disebut Small Garden karena tempat tersebut adalah taman yang ditata sangat cantik dengan udara yang sejuk.

Small World merupakan sebuah taman rekreasi yang didalamnya bangunan atau icon dari kota-kota di seluruh dunia. Bagi anda yang memiliki anak usia SD saya rekomendasikan ke tempat ini. Karena mereka bisa berwisata sambil belajar tempat-tempat di seluruh dunia. Anak saya sendiri ketika masuk ke tempat ini langsung bereaksi wow bagus banget tempatnya pa..Dia sangat suka dengan tempat ini karena udara sejuk dengan penataan taman yang cantik.

Karcis masuk ke taman ini sendiri tidak mahal hanya sebesar 20rb / orang dewasa, apabila anak SD maka dikenasi biaya 10rb saja. Masuk ke taman ini sangat menyenagkan bagi keluarga karena memang ditata sangat rapi dan banyak spot-spot menarik untuk berfoto. Saya sendiri bersama keluarga tidak terasa menghabiskan waktu hampir 4 jam untuk berfoto di taman ini. Karena memang lucu-lucu tempat berfotonya, ada patung Singa dari Singapore, menara eiffel dari paris, menara pisa dari Itali, ada kincir angin beserta bunga tulipnya dari Belanda, ada patung Liberty dari amerika, ada monas mewakili Indonesia, ada juga bangunan khas dari Timur Indonesia. Bangunan-bangunan ini dibuat berukuran mini sehingga kita harus pintar untuk angel yang pas untuk berfoto.

Saya sendiri bersama keluarga favorit berfoto sambil duduk di rumput yang terawat dengan baik. Dengan duduk maka kita tidak terlalu menjadi raksasa bagi bangunan yang imut-imut ini.  Berikut ini beberapa foto-foto saya bersama keluarga :

Tempat Liburan Bersama Keluarga Di Jawa tengah dan Yogyakarta

wisata keluarga small world

 

CANDI PRAMBANAN

Setelah dari Banyumas kami berangkat ke Yogyakarta, perjalanan ditempuh selama 4 jam menggunakan mobil pribadi. Di yogyakarta awalnya saya dan keluarga ingin ke Candi Borobudur akan tetapi ada beberapa pertimbangan yang membuat kami ganti tempat wisata ke candi Prambanan. Salah satunya alasan kenapa pindah adalah karena kalau wisata bersama anak yang masih kecil jangan ke tempat yang terlalu luas. Terlalu banyak berjalan kaki akan membuat anak menjadi rewel dan suasana liburan akan rusak.

Kami memutuskan ke Candi Prambanan yang tidak terlalu besar candinya.  Beruntung sesampainya di lokasi wisaya cuaca sangat mendukung karena hujan berhenti dan cuaca tetap mendung. Membuat cuaca tidak panas dan cocok ke tempat wisata outdoor. Sampai lokasi cuku[p sore yaitu pukul 16.00 dan ternyata banyak rombongan dari sekolah yang datang ke Candi Prambanan.

Tiket masuk ke lokasi 40rb / orang dan 20rb / orang untuk anak-anak. Masuk ke kawasan candi cukup berdesakan karena banyak rombongan dan bagi kami sekeluarga kondisi ini tidak terlalu baik karena bawa 3 anak-anak. Dengan perjuangan yang cukup lama akhirnya kami sekeluarga dapat masuk ke kawasan Candi Prambanan.

Di dalam kawasan Candir Prambanan ternyata ada beberapa tujuan wisata yang lokasinya agak berjauhan. Kami memutuskan hanya ke Candi Prambanan saja karena akan capek kalau mendatangi semua lokasi candi. Tidak terlalu jauh berjalan kaki ke Candi Prambanan dari pintu masuk. Dan penampakan Candi Prambanan sudah terlihat dari kejauhan. Banyak spot foto yang bagus di sekitar Candi dengan background Candi Prambanan yang berdiri dengan gagahnya.

Anak-anak sangat suka berada di tempat wisata ini karena memiliki sejarah dan senang dengan pemandangan yang mereka lihat. Kami masuk tidak terlalu lama karena memang sudah sore. Setelag foto-foto bersama keluarga di banyak tempat maka kami memutuskan untuk pulang. Jalan keluar dari Candi PRambanan ternyata agak jauh karena memutar dan ini cukup melelahkan teruatam bagi saya yang harus menggendong anak kami yang berusia 2 tahun.

wisata keluarga candi prambanan

KRATON YOGYAKARTA

Ada 1 tempat lagi yang dikunjungi ketika di Yogyakarta yaitu Kraton Yogyakarta. Dipilih Kraton karena memiliki edukasi buat anak-anak. Sehingga anak-anak dapat mengetahui tentang sejarah tempat tinggal raja Yogyakarta. Tiket masuk ke Kraton Yogyakarta cukup murah yaitu 5rb / orang. Disini kami berkeliling Kraton tentu saja tidak lupa sambil foto-foto di beberapa spot Kraton.

Berikut ini adalah hasil-hasil foto di Kraton Yogyakarta :

Tempat Liburan Bersama Keluarga Di Jawa tengah dan Yogyakarta

 

Demikian tulisan tentang tempat liburan bersama keluarga di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Semoga dapat menjadi referensi bagi keluarga anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *