Tata Cara naik Commuter Line

Tata Cara naik Commuter Line

Saat ini bulan November 2017 dan ada diantara kalian belum pernah naik kereta listrik atau commuter line di jakarta ? Bingung dan takut salah kalau naik commuter line karena semua serba elektronik? Gimana kalau salah beli tiket apa nanti gak fatal akibatnya atau nanti jangan-jangan diketawain orang lain atau penumpang lainnya? Yeah mungkin ada yang merasakan perasaan seperti itu ya..

Banyak alasan orang tidak pernah naik commuter line, mungkin karena tempat tinggalnya tidak dilalui oleh jalur communter line. Apakah ada yang tidak dilewati commuter line di jabodetabek ini ? pasti adalah ambil contoh daerah cibubur yang tidak ada akses jalur commuter line jadi mereka yang tinggal di daerah Cibubur mungkin aja belum pernah naik commuter line.

Tata Cara naik Commuter Line

Atau ada juga alasan lain karena sehari-hari naik motor sehingga malas untuk mencoba commuter line yang dengar-dengar sering penuh sesak. Atau mungkin ada juga yang memang males untuk naik commuter line karena sudah terlanjur suka naik bis. Dengan bermacam alasan ini mungkin saja banyak orang yang belum pernah naik commuter line.

Tata Cara naik Commuter Line

Mau tahu apa saja sih step by step kalau naik commuter line :

1  Yang pertama adalah ketika bawa kendaraan motor atau mobil silahkan memilih parkir diluar kalau kita tidak mempunyai kartu elektronik. Karena masuk ke area parkir stasiun kita tidak diberi karcis parkir akan tetapi kita masuk area parkir dengan cara tap in mesin parkirnya dengan kartu elektronik. Jadi bagi penumpang yang tidak mempunyai kartu elektronik carilah tempat parkir diluar area stasiun.

2  Anda bisa membeli kartu terusan atau kartu elektronik sekali perjalanan. Dengan mempunyai kartu elektronik terusan yang harus anda lakukan adalah mempunyai saldo yang cukup untuk perjalanan anda. Kalau kita beli kartu elektronik satu perjalan di loket tiket maka kita harus mengembalikan kartu tersebut karena kalau tidak maka uang deposit tidak akan diberikan oleh KAI.

3  Ketika sudah memegang kartu elektronik adalah untuk masuk ke dalam area stasiun kita musti tap in kartu elektronik tersebut. Jangan salah mesin untuk tap in dan msuk di line yang salah. Hal ini banyak kejadian karena orang tidak melihat anak panah pada gerbang elektronik di stasiun. Mereka main masuk stasiun saja padalah yang di tap in adalh mesin sebelah dan kita masuk di tempat yang salah.

4  Tunggu kereta ditempat yang benar sesuai tujuan kita. Jangan ragu untuk bertanya ke satpam arah kereta sesuai tujuan kita. Karena malas bertanya sesat di jalan. maksud hati mau ke tanah abang malah kita naik kereta ke parung panjang.

5  Di dalam kereta selalu mendengarkan suar masinis di dalam gerbong kereta karena takutnya kita akan kelewatan stasiun yang kita tuju. Usahakan jang tertidur di dalam gerbong kereta. Bisa – bisa kita akan kelewatan jauh stasiun tempat kita berhenti.

6  Sesampainya di stasiun kita harus keluar stasiun sesuai petunjuk di stasiun. Biasanya tiap stasiun memiliki 2 pintu keluar. Bertanya ke petugas stasiun apabila kita ragu mau keluar di pintu yang mana.

7  Tukarkan kembali kartu tiket elektronik satu tujuan kita untuk mendapatkan uang depositnya.

8  Ketika diluar stasiun kita bebas untuk naik kendaraan umum lainnya apabila harus naik lagi untuk mencapai tujuan kita.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang belum pernah naik commuter line.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *