Pembangunan Gedung Tinggi Tercepat Didunia Hanya 19 Hari

Perusahaan konstruksi Broad Sustainable Building di Tiongkok ini bikin orang berdecak kagum. Mereka telah melaksanakan pembangunan gedung tinggi tercepat didunia hanya 19 hari!! Padahal biasanya gedung pencakar langit dibangun berbulan-bulan. Artinya per hari para pekerja menyelesaikan setidaknya 3 lantai. Gedung seluas 2 juta meter persegi itu merupakan salah satu bagian dari proyek Mini Sky City di Changsha Provinsi Hunan, Tiongkok.  Perusahaan mengerahkan 1.200 pekerja untuk menggarap proyek gila tersebut.

Pembangunan Gedung Tinggi Tercepat Didunia Hanya 19 Hari

Pada rencana awal , perusahaan itu akan membangun gedung pencakar langit setinggi 220 lantai. Gedung tersebut bakal dinobatkan menjadi yang tertinggi di dunia. Namun keinginan tersebut tidak bisa terealisasi. Saat pembangunan sudah mencapai 20 lantai, proyek tersebut ditinjau ulang. Pemerintah Tiongkok hanya mengijinkan gedung itu dibangun setinggi 57 lantai. Sebab, bangunan tersebut berdekatan dengan bandara. jadi ketinggiannya harus dibatasi supaya tidak membahayakan.

Pembangunan Gedung Tinggi Tercepat Didunia Hanya 19 Harigedung

Gedung yang telah selesai dibangun itu memiliki 19 atrium dengan ketinggian masing-masing 10 meter, perkatorang berkapasitas 4 ribu orang dan 800 apartment. Broad Sustainable Building mengklaim bahwa teknologi yang mereka gunakan untuk pembangunan gedung tersebut merupakan inovasi yang sangat besar dalam sejarah manusia. Selain cepat, proyek pembangunannya ramah lingkungan.

Perusahaan menyatakan mereka memakai bahan-bahan yang telah dibuat pabrik dan sebagian sudah dirangkai. Jadi pekerja tinggal merangkainya dengan bagian-bagian lain dilokasi. Itulah yang membuat pembangunannya cepat. Selain itu metode tersebut mengurangi penggunaan 1.500 truk pengangkut. Artinya polusi udara dan debu di jalanan juga bisa dikurangi. Broad Sustainable Building menegaskan, meski dibangung dengan cepat gedung yang mereka buat antigempa dan jauh lebih aman daripada gedung-gedung lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *