Pedoman Belanja Makanan Sehat

Bagi anda yang mau hidup sehat dan suka makan-makanan sehat dapat membaca artikel ini pedoman belanja makanan sehat. Disini akan ditulis tuntas bagaimana kita harus memilih makanan yang sehat seperti buah, sayuran, daging, dsb. Seperti hindari makanan yang memakai bahan tambahan dan pengawet yang mengandung zat kimia. Sedangkan semua makanan olahan industri atau yang diolah secara masal pasti menggunakan zat-zat tersebut. Jika harus mengkonsumsi makanan dalam kemasan kaleng , pilih kaleng yang menggnakan lapisan enamel. Lebih aman jika  makanan tersebut dikemas dalam botol kaca/gelas. Namun yang paling sempurna tentu saja makanan segar.

Pedoman Belanja Makanan Sehat

BUAH SEGAR

Pilih buah yang paling segar dan cukup matang. Hindari yang sudah memar atau mendekati busuk. Rendam beberapa detik dalam baskom berisi air bersih yang sudah dicampur beberapa tetes cairan khusus pencuci buah atau 1 sendok teh cuka apel untuk melarutkan sisa zat kimia yang masih melekat. Buang air rendaman, bilas sampai bersih dibawah air mengalir (khusus untuk buah-buahan berukuran kecil dan berkulit tipis seperti anggur, stroberi, jambu air sebaiknya dicuci sesaat sebelum dimakan). Keringkan dengan lap bersih, simpan dalam lemari pendingin.

BUAH KERING (Apel, Persik, Kismis, Kurma, Plum)

Karena buah-buah kering ini umumnya memiliki kadar gula yang cukup tinggi, sebaiknya hanya dikonsumsi sebagai makanan selingan atau campuran yogurt. Pilih yang dagingnya lunak, lentur, kulitnya mengilat, dan kering sinar matahari, tanpa campuran sulfur atau gula pasir. Manisan yang diberi tambahan gula terlihat lebih lengket dan berlapis kristal gula pada permukaannya. Simpan dala wadah tertutup rapat. Dalam suhu ruang bisa awet sampai 1 bulan.

SAYURAN SEGAR (SEMUA JENIS SAYUR)

Pilih yang warnanya paling segar dan terksturnya masih kencang. Semakin pekat warnanya (hijau, kuning , orange, atau merah tua) semakin tinggi kandungan vitaminnya. Hindari sayuran yang sudah memar, lecet, atau ada bercak tak lazim pada permukaannya. Sayuran keras lebih tahan lama daripada yang lunak. DIlemari pendingin, sayuran lunak perlu dilindungi oelh wadah kedap udara agar tidak lekas layu. Supaya tidak cepat rusak, sayuran baru dicuci sebelum diolah. Cara mencuci sama seperti buah-buahan. Jangan dipotong atau diiris sebelum dicuci agar zat gizinya tidak terbuang bersama air. Sayuran lunak tidak tahan disimpan lebih dari 2 hari, sekalipun dalam  lemari pendingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *