Manfaat Alun-Alun di Daerah Buat Keluarga

Selama hampir 2 minggu di daerah Jawa tengah dan Yogyakarta saya bersama keluarga sering bermain di Alun-Alun. Kenapa ke Alun-alun? karena memang di Alun-Alun daerah sebagai tempat hiburan bagi warga sekitar. Tidak hanya bagi warga sekitar, alun-alun juga bisa sebagai tujuan wisata bagi orang di luar daerah tersebut. Saya mencoba untuk menulis manfaat alun-alun di daerah buat keluarga, semua berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Saya telah mencoba datang ke beberapa alun-alun seperti Banyumas, Purwokerto, Yogyakarta, Wonosobo dan bandung. Dari semua alun-alun tersebut saya paling terkesan dengan alun-alun Wonosobo. Karena memiliki Alun-Alun yang besar dengan 2 lapangan bola dan sisi pejalan kaki di tutupi oleh pohon yang rindang. Selain ada buat pejalan kaki juga ada jalan untuk bersepeda dan ini yang tidak dimiliki oleh yang lainnya.

Selain itu Alun-Alun di Wonosobo juga  banyak sekali hiburan untuk anak-anak dan keluarga. Ada persewaan sepeda, mobil R/C buat anak. mobil berdaya batere untuk anak dan motor berdaya batere untuk anak. Mobil sepeda untuk keluarga juga ada yang sewain, ada juga tukang jajanan kaki lima yag ditata sedemikian rupa sehingga enak dipandang. 2 lapangan bola di Alun-Alun ini juga memiliki rumput yang bagus sehingga bisa digunakan untuk bermain bola. Menurut saya Alun-Alun Wonosobo mendekati sempurna untuk hiburan keluarga.

Manfaat Alun-Alun di Daerah Buat Keluarga
Alun-Alun Wonosobo
Manfaat Alun-Alun di Daerah Buat Keluarga
Alun-Alun Wonosobo
Manfaat Alun-Alun di Daerah Buat Keluarga
Alun-Alun Wonosobo

Sedangkan Alun-Alun di Yogyakarta lebih hidup di malam hari karena dikelilingi warung lesehan yang enak untuk didatangi. Sambil lesehan makan kita juga dihibur oleh mobil hias yang digenjot berkeliling alun-alun. Mobil hias ini jumlahnya banyak sekali dengan tari sekali naik 30-40rb tergantung besar kecilnya mobil. Pemandangan Alun-Alun ini di malam hari memang luar biasa keren karena mobil hias tersebut yang memiliki lampu-lampu warna-warni. Sedangkan warung lesehannyapun tidak mahal, ada banyak jajanan tradisional seperti : Nasi Goreng, Indomie, Wedang Ronde, Jangung Bakar, dll. Alun-alun Yogyakarta lebih banyak dikunjungi oleh anak muda karena memang yang suka nongkrong adalah anak muda dimalam hari.

Manfaat Alun-Alun di Daerah Buat Keluarga
Alun-Alun Jogja

Kalau Alun-Alun Bandung menurut saya minim menawarkan hiburan karena hanya lapangan luas yang di atasnya terdapat rumput sintetis untuk anak-anak bermain bola-bolaan. Dan disudut alun-alun terdapat permainan anak yang kecil. Jadi kalau yang main banyak maka harus antri agak lama tiap anak untuk bermain. Tempat jualan kaki lima di alun-alun Bandung ditempatkan di basement karena di atas Alun-Alun tidak ada tempat untuk warung makan.

Manfaat Alun-Alun di Daerah Buat Keluarga
Alun-Alun Bandung

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *