Kupat Tahu Paling Enak di Banyumas Jawa Tengah

Bagi anda yang berkunjung ke Banyumas Provinsi Jawa Tengah sebaiknya jangan lewatkan kupat tahu paling enak  di Banyumas Jawa Tengah yaitu Tahu Goreng Mbah Djawi yang bagi sebagian wilayah dinamakan kupat tahu.  Banyumas itu sendiri terletak di wilayah Jawa Tengah dan apabila ingin ke Yogyakarta melalui jalur Tengah biasanya melwati wilayah ini.

Yang suka dengan kupat tahu anda tidak akan menyesal merasakan Tahu Goreng Mbah Djawi ini karena rasanya yang juara banget. Saya sendiri sudah merasakan beberapa penjual kupat tahu di beberapa wilayah dan kupat tahu ini memiliki rasa yang terbaik. Komposisi bumbunya sangat pas dan yang menarik dari kupat tahu dari Banyumas dan tidak ada di daerah lain adalah kupat tahu yang dicampur dengan mendoan asli banyumas. Perpaduan rasa keduanya semakin saling melengkapi.

Tahu Goreng Mbah Djawi itu sendiri berbeda dengan kebanyakan kupat tahu yang memiliki campurang kacang pada bumbunya. Pada Tahu Goreng Mbah Djawi yang merupakan kupat tahu paling enak di Banyumas Jawa Tengah tidak ada campuran kacang pada bumbu yang berbentuk cair ini. Tahu Goreng Mbah Jawi terdiri dari Tahu putih yang digoreng kemudian dipotong-potong dicampur dengan kupat, kecambah, kobis, sambal, air gula dan taburan bawang goreng serta mendoan atau krupuk mie goreng sebagai tambahan bagi yang suka.

Dengan bumbu racik yang sederhana tersebut ternyata mampu menghasilkan rasa kupat tahu yang menurut saya juara banget. Tidak semua bisa mencampur bumbu yang sederhana ini menjadi makanan yang enak di lidah. Bahkan kakaknya yang menjual kupat tahu yang sama pun menurut saya ada bumbu yang tidak pas dilidah menurut saya. Memang tahu goreng Mbah Djawi ini memiliki 2 warung yang dikelola oleh kaka beradik. dan ternyata sang adik memiliki pelanggan yang lebih banyak walaupun letak warungnya tidak lebih dari 1 km jaraknya.

(baca juga : roti bakar paling enak di serpong)

Bagi yang mau mampir ketika melewati alun-alun Banyumas di perjalanan menuju Yogyakarta atau ke Jakarta bisa mampir disini kalau waktunya pas. Karena Tahu Goreng Mbah Djati hanya buka di siang hari mulai dari pukul 10.00 s/d pukul 15.00.  Bagi anda yang dari arah Jakarta maka setelah melewati jembatan sungai serayu maka langsung belok kiri dan lurus saja sampai mentok kemudian belok kiri mengikuti jalan. Maka letak warung ada di sebelah kanan sekitar 500 m dari belokan. Sedangkan anda dari arah Yogyakarta setelah melewati alun-alun Banyumas belok kiri kemudian trus saja sampai mentok dan belok kanan, sekitar 1 km warungnya ada di sebelah kiri jalan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *