Cara Paling Murah Dan Efektif Meningkatkan Penjualan Makanan

Anda baru saja membuka tempat makan di pinggir jalan dan masih belum bisa mendatangkan banyak pelanggan ? Ini ada cara paling murah dan efektif meningkatkan penjualan makanan. Ketika membuka suatu tempat makan yang lokasinya dipinggir jalan memang mempunyai tantangan yang sangat besar untuk medatangkan pelanggan ke tempat tersebut. Apalagi lokasi tempat kita berjualan walaupun strategis tetapi kendaraan yang lewat tempat tersebut kencang sehingga mereka tidak menyadari bahwa ada tempat makan baru di pinggir jalan. Kondisi ini membuat kita sebagai pemilik tempat makan harus berfikir keras teknik promosi apa yang palling efektif mendatangkan pelanggan.

Cara Paling Murah Dan Efektif Meningkatkan Penjualan Makanan

Ada berbagai macam tehnik atau cara paling murah dan efektif meningkatkan penjualan makanan. Tetapi sebelum kita ngebahas tehnik tersebut sebaiknya anda evaluasi terlebih dahulu terhadap produk yang anda jual.  Anda harus bertanya kepada diri anda beberapa pertanyaan ini :

  1. Apakah makanan yang anda jual adalah termasuk makanan yang enak dilidah kebanyakan orang ? Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan survey sebelum menjual makanan tersebut atau paling mudahnya adalah kalau makanan itu enak maka orang akan langsung memuji tanpa diminta akan tetapi kalau diam saja artinya rasanya standar saja atau cenderung gak enak.
  2. Apakah makanan yang anda jual memiliki kunikan tersendiri yang menjual dibanding makanan sejenis ? Kalau misalnya anda menjual makanan yang umum dan tidak memiliki sesuatu yang bisa “menjual” sebaiknya anda berfikir ulang lagi.  Karena mempromosikan makanan yang biasa saja adalah kesia-siaan.
  3. Lokasi tempat anda berjualan apakah ramai dilalui orang lain? atau kalau tidak banyak dilalui orang lain apakah tempatnya memiliki keunikan atau dapat “menjual” misalnya tempatnya teduh, udara sejuk, pemandangannya bagus, dll.
  4. Apakah nama tempat makan anda mudah diingat orang ? Hal ini akan memudahkan orang lain mempromosikan tempat anda kalau namanya mudah diingat dan unik.
  5. Apakah rasa makanan anda sudah bisa di produksi banyak dan memiliki rasa yang stabil? Ini sangat penting jangan sampai ketika sudah ramai dan anda tidak bisa mempertahankan rasa yang enak karena tidak biasa produksi dengan kuatitas yang banyak.

Apabila pertanyaan diatas sudah dijawab dengan baik dan semua item  telah “lulus” maka anda layak membuat tempat makan tersebut dan layak di promosikan. Oke selanjutnya adalah anda melakukan beberapa promosi yang dapat membuat pembukaan tempat makan anda sukses atau setidaknya tiap hari mengalami peningkatan omset yang signifikan.

Cara paling murah dan efektif meningkatkan penjualan makanan adalah :

1.Promosikan Melalui Sosial Media

Sosial media adalah media paling murah dan efektif dalam mempromosikan sesuatu terutama tempat makan yang enak. Pelajari sosial media secara mendalam dan lakukan langkah-langkah yang baik dalam membuat promosi di sosial media. Saat ini sosial media paling efektif adalah : Instagram, Youtube, facebook. Ketiga sosial media tersebut memiliki pengaruh yang besar dalam mempromosikan suatu tempat makan. Membuat konten supaya viral sebaiknya dipelajari dan praktekan. Kalau anda masih awam dalam menggunakan kekuatan sosial media jangan sungkan untuk belajar dahulu cukup 1-2 bulan dan anda sudah bisa optimasi sosial media sebagai senjata untuk meningkatkan penjualan anda. Bingung mau belajar dimana ? coba saja belajar di SB1M klik https://bit.ly/internetmarketingitusik . Karena di SB1M ada belajar gratisnya..ikutin SB1M dan sedot ilmunya.

2.Gunakan Promosi Yang Bikin Kepo

Sebagai tempat makan baru dan langsung ramai akan membuat orang kepo atau ingin tahu tentang tempat makan tersebut. Lakukan diskon besar tetapi secara tertutup supaya orang lewat tidak tahu kalau orang ramai datang karena diskon yang besar, biarkan mereka bertanya-tanya dalam hati apa yang membuat tempat makan anda ramai dikunjui orang. Caranya bagaimana? anda bisa buat flyer yang didalamnya ada guntingan diskon makanan apabila makan di tempat anda misalnya diskon 50%. Tetapi orang tersebut harus membawa guntu=ingan flyer untuk mendapatkan dikon 50%. Sebarin flyer tidak didepan tempat makan anda akan tetapi sebari di kampus, sekolah-sekolah apabila targetnya adalah anak muda. DIjamin flyer anda tidak akan dibuang karena dalamnya ada guntingan diskon tersebut.

3.Gunakan Media Cetak dan Televisi Secara Gratis

Anda bisa memanfaatkan media cetak dan televisi untuk meliput tempat makan anda. Apabila diliput maka ini akan menjadi ajang promosi gratis yang dahsyat!! Tetapi caranya bagaiamana supaya diliput? Pertama tempat makan anda harus menari sebagai bahan berita oleh sebab itu apabila ada makanan yang unik maka sangat memudahkan wartawan untuk meliput. Bagaimana mendatangkan wartawan ? Cukup buat undangan ke pimpinan redaksi setiap media cetak nasional dan televisi kemudian tunggu saja mereka akan menelpon balik apabila tempat makan anda cukup layak diliput.

Dengan melakukan tiga cara diatas secara maksimal maka tempat makan anda akan ramai dikunjungi dan otomatis omset akan meningkat dengan drastis. Makasih sudah membaca artikel ini dan selamat mencoba.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *