Cara Mengurus SIM Yang diTilang Tahun 2018

Bagi anda yang kena tilang di jalan raya dan SIM-nya ditahan tulisan ini mungkin bisa membantu anda yaitu cara mengurus SIM yang ditilang tahun 2018. Tulisan ini merupakan pengalaman pribadi ketika saya kena tilang di daerah Rasuna Said Kuningan Jakarta. Hari itu ketika saya mengendarai mobil di daerah asuna Said Kuningan jakarta dan bermaksud memutar balik. Tanpa melihat rambu lalu lintas saya mengikuti mobil didepan saya yang hendak memutar balik. Kondisi jalanan Rasuna Said yang memang ada pembangunan di tengah jalan untuk keperluan MRT tidak normal. Maksudnya adalah banyak putaran dengan kondisi seadanya sehingga tidak mengira akan ada rambu lalu lintasnya.

Cara Mengurus SIM Yang diTilang Tahun 2018

Ketika berbelok dan ternyata di belokan tersebut ada 2 orang polisi yang sudah menunggu para pengendara yang melanggar putaran tersebut. Kemungkiinan memang banyak  pengendara yang melanggarnya. Dan mobil sayapun di berhentikan oleh salah seorang polisi.  Singkat cerita saya mendapatkan surat tilang berwarna biru yang sudah saya tanda tangani yang artinya mengakui telah bersalah telah melanggar rambu lalu lintas. Di surat tilang slip biru tersebut ada beberapa keterangan seperti identitas pelanggar , kapan proses sidangnya dan berapa biaya denda tilangnya.

Saya kaget juga ketika melihat besar denda yang tercantum di slip biru tersebut yaitu 500.000 rupiah!! waduh ini merupakan hari sial buat saya nih mengeluarkan 500rb karena hal sepele saya pikir. Dan ternyata setelah tanggal sidang yang telah ditentukan saya coba browsing di google bagaimana cara mengurus surat tilang di Jkaarta Selatan. Dan akhirnya ketemu juga cara mengurus surat tilang di Jakarta yaitu kita tidak usah datang ke sidangnya lagi ternyata. Kita bisa langsung datang ke kejaksaan untuk mengambil SIM dan membayar denda disana. Besaran dendanyapun ternyata tidak seperti yang tercantum di slip biru tersebut. Saya hanya perlu membayar denda sebesar 150rb rupiah saja. Alhamdulillah saya pikir karena tidak jadi mengeluarkan uang 500rb yang cukup besar.

Mungkin tarif denda di slip biru itu adalah denda maksimal bagi pelanggar rambu lalu lintas dan kesalahan saya tidak terlalu fatal bagi polisi lalu lintas. Dan ini yang tidak tercantum di slip biru tersebut bahwa 500rb adalah denda maksimal dan besaran denda tiap pelanggar berbeda-beda. Ini merupakan pelajaran berharga bagi saya untuk lebih hati-hati lagi dalam membaca rambu lalu lintas di jalan raya sehingga tidak perlu mengeluarkan uang yang tidak penting dan meluangkan waktu ke kejaksaaan untuk mengambil SIM yang telah ditilang.

Sebenarnya mengurus ke kejaksaannya sendiri tidak berbeli-belit hanya datang ke loket tilang dan menyerahkan surat tilang yang ada pada kita. Menunggu sebentar dan kita akan dipanggil oleh petugas disana. Tips dari saya adalah di sana banyak calo yang  menawarkan pertolongan mengurus SIM kita dan sebaiknya kita tolak saja karena memang sangat mudah dan cepat dalam mengurus SIM yang telah ditilang di kantor kejaksaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *