Cara Mengurus Plat Nomor Kendaraan Bermotor Yang Hilang

Bagi anda yang kehilangan plat nomor kendaraan bermotor karena sesuatu hal jangan khawatir karena mengurusnya tidak sulit selama tahu caranya. Plat nomor kendaraan bermotor mungkin saja copot ditengah jalan tanpa disadari mungkin karena baut yang mulai kendor dan anda sebagai pemakai kendaraan tidak menyadarinya dan lama kelamaan bautnya semakin kendor sehingga plat nomor kendaraan tiba-tiba saja jatuh di tengah jalan. Anda tidak menyadarinya sampai anda tiba di rumah dan melihat ke plat nomor yang sudah tidak ada ditempatnya.

Kemungkinan anda akan bingung dan tidak tahu mengurus kemana sehingga anda melalui jalan pintas yaitu membuat dipinggir jalan yang artinya anda akan melanggar peraturan lalu lintas. Karena plat nomor kendaraan tidak boleh dibuat sembarangan karena ada cap polisinya. Untuk mengurus plat nomor kendaraan itu tidak sulit dan hanya butuh waktu setengah hari saja tergantung dari banyaknya antrian yang ada di samsat kepolisian.

Berikut adalah cara mengurus plat nomor kendaraan bermotor yang hilang :

1.Pertama-tama anda harus mengurus surat kehilangan akan plat nomor kendaraan anda ke Polsek terdekat. Disini anda akan dimintakan persyaratan yaitu fotokopi KTP dan fotokopi STNK. Ketika kedua syarat tersebut sudah ada maka anda ke polsek terdekat dan minta dibuatkan surat keterangan kehilangan. Dan pihak kepolisian akan melayani anda dengan senang hati.

Cara Mengurus Plat Nomor Kendaraan Bermotor Yang Hilang

2. Setelah anda mendapatkan surat keterang kehilangan maka anda dapat ke samsat terdekat. Disini anda langsung lapor ke bagian plat nomor nanti akan ditanya surat kehilangannya. Anda harus bayar 100rb per pc. Kalau yang hilang satu 100rb kalau keduanya makan 200rb. Setelah itu anda tinggal menunggu plat nomornya jadi.

Cara Mengurus Plat Nomor Kendaraan Bermotor Yang Hilang

Mudah bukan ? daripada bikin dipinggir jalan dan bayar juga serta bisa kena tilang mendingan langsung diurus ke smasat karena tidak sulit.

One Comment on “Cara Mengurus Plat Nomor Kendaraan Bermotor Yang Hilang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *