Cara Memilih Sekolah TK Untuk Anak

Apakah anak anda sudah waktunya sekolah PAUD atau TK ? kalau iya tulisan ini akan mengulas cara memilih sekolah TK untuk anak anda.  Anak memang cepat tumbuh dari bayi yang begitu lucu eh tahu-thu sudah usia 4 tahun saja dan sudah waktunya harus sekolah. Manfaat sekolah PAUD atau TK untuk anak memang begitu banyak dan diantaranya adalah supaya anak kita bersosiaisasi dengan teman sebayanya. Setelah dari bayi seorang anak hanya mengenal ibunya, ayahnya serta saudara kandungnya maka sudah saatnya anak kita belajar bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Cara Memilih Sekolah TK Untuk Anak

Membiarkan anak kita untuk sekolah memang dirasa berat terutama bagi ibu yang tidak tegaan harus meninggalkan anaknya sendiri di sekolah. Karena memang banyak sekolah yang tidak memperbolehkan anaknya ditungguin oleh orang tuanya. Hal ini untuk kepentingan anak itu sendiri supaya mandiri dan tidak ketergantungan oleh orang terdekatnya.  Berikut ini cara memilih sekolah TK untuk anak anda :

1.LOKASI SEKOLAH

Carilah lokasi sekolah yang dekat atau tidak terlalu jauh, karena anak TK masih ketergantungan untuk diantar dan dijemput. Bayangkan kalau sekolah anak kita jaraknya jauh dari rumah dan suatu saat kita lagi tidak bisa mengantarnya pasti akan susah untuk antar jemputnya kalau menyuruh orang lain. Lagi pula kalau jarak rumah dan sekolah terlalu jauh maka biaya untuk antar jemputnya jangan-jangan lebih mahal dari biaya bulanan sekolahnya. Terutama bagi orang tua yang kondisi keuangannya tidak berlebihan alangkah lebih baik tidak mengeluarkan banyak biaya untuk transportasi.

2.BIAYA SEKOLAH

Biaya sekolah anak sangat penting bagi orang tua ketika akan menyekolahkan anaknya. Sesuaikan biaya sekolah dengan kondisi keuangan anda para orang tua, jangan terlalu jor-joran cari sekolah yang super mahal hanya karena ingin menyekolahkan anak kita di TK yang favorit. Percayalah TK tidak menentukan masa depan anak kita lebih baik dari anak yang lain hanya karena anak kita bersekolah doi TK favorit yang super mahal. Kalau bekerja tidak pernah tuh sesi wawancara ditanyakan kamu TK dimana ? pasti yang ditanya kuliah dimana.

3. GURUNYA BANYAK

Ketika akan menyekolahkan anak kita di PAUD atau TK cari sekolah yang guru di kelasnya banyak. hal ini sangat berpengaruh karena masa PAUD dan TK adalah masa anak belum mandiri jadi selalu butuh bimbingan dari guru. Ketika ada satu anak yang buuh perhatian khusus maka pastikan di kelas gurunya tidak kehilangan fokus untuk memperhatikan anak lainnya. Oleh sebab itu sangat penting jumlah guru didalam kelas.

4. TES PSIKOLOGI

Di TK pastikan ada tes psikologi untuk anak kita karena ini penting untuk mencari tahu keuskaan anak kita dan juga apa yang kira-kira menjadi fokus bagi orang tua untuk meningkatkan kemampuan anak sesuai dengan kesukaannya. Ini sangat penting untuk masa depan anak kita dikemudian hari.

5. BANYAK BERMAINNYA

Di sekolah usahakan banyak permainannya supaya anak kita tidak bosan untuk belajar terus menerus karena usia PAUD dan TK adalah ketika anak paling suka untuk bermain, Jangan sampai sekolah merenggut kebebasan anak untuk bermain.

Itulah cara memilih sekolah TK untuk anak anda, apakah anda setuju atau mempunyai pertimbangan lainnya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *