Cara Berjualan Di Instagram Untuk Pemula

Tahukah anda bahwa Sosial Media Instagram bukan hanya untuk menyebarkan foto kita ke teman tetapi juga bisa untuk berjualan? Pada artikel ini saya akan menjelaskan cara berjualan di Instagram untuk pemula.

Instagram seperti kita ketahuui adalah sebuah sosial media yang sedang digemari oleh masyarakat Indonesia, salah satu sebabnya adalah karena masyarakat kita gemar sekali selfie. Daripada hanya untuk selfie yuk manfaatkan Instagram untuk berjualan, kali aja bisa menghasilkan sebagai tambahan penghasilan kita.

Salah satu yang jago berjualan lewat Instagram adalah Rico Huang yaitu seorang pengusaha sekaligus Internet marketer atau bisa juga disebut digital marketer. Rico Huang ini hanya salah satu saja yang sukses memanfaatkan isntagram sebagai tempat berjualan dia. Salah satu produk yang sukses dia jual lewat instagram adalah bukunya sendiri yaitu Dropship mastery, apakah anda sudah membelinya?

Penampakan Buku Dropship Mastery

Kalau kita bandingkan dengan market place untuk berjualan bisa kita analogikan bahwa Instagram kita ibaratkan sebagai Mall sedangkan marketplace seperti tokopedia itu sebagai pasar. Seperti kita ketahui arti dari pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli sedangkan kalau mall lebih kepada tempat anak muda hangout dan jalan-jalan, harga di mall terbilang mahal tetapi tetap laku. Banyak juga penjual di instagram adalah mereka yang berjualan tanpa memiliki barang, dan mengambil barangnya di tokopedia.

Tahukah kamu fakta bahwa konsumen di instagram itu anti tanya-tanya tetapi langsung order!! jarang nawar lagi..enak ya berjualan di isntagram.

Ini hal-hal yang perlu diketahui kalau pertamakali membuat akun instagram :

Akun Instagram pemula

Nah gambar diatas menjelaskan apa saja yang harus diisi ketika membuat akun instagram, mulai dari tittle name, username, website/link, email dan no hp.

Tittle name ini sangat penting untuk pencarian..misalnya anda berjualan baju anak-anak maka anda tulisnya baju anak-anak supaya kalau orang mencari baju anak-anak isntagram anda muncul.

Username ini adalah nama instagram anda, sebagai pengikat misalkan Justin Bieber ah saya mau memakai nama justin bieber maka ini gak akan bisa karena sudah dipakai oleh yang punya nama tersebut. Username hanya bisa dipakai oleh satu akun saja.

Website / Link ini bisa diisi apabila anda mempunya website untuk link anda.

Deskripsi : Kalau bisa deskripsi ini pada awal kita tulis menjual produk apa, supaya toko kita muncul di google. Instagram itu jodohnya di line jadi apabila anda mau berjualan di Instagram sangat penting install aplikasi Line atau bisa juga menggunakan Whatshapp.

Email dan no Hp kalau bisa diverifikasi terlebih dahhulu supaya akun isntagran anda tidak hilang.

Kemudian dibagian selanjutnya ada private account, ini biasanya artis-artis memakai private account supaya tidak semua orang bisa membuka isi dari instagram mereka.

Private Acount

Kemudia ada linked account , gunanya apabila anda posting maka bisa dibagikan ke sosial media lainnya misalkan facebook, twitter, dll.

Linked account

Kemudian kita mempelajari apa yang disukai oleh pengguna instagram :

  • Privacy : Tidak ada bot / spam
  • Peningkatan follower
  • Interaksi dan notifikasi
  • Konten yang menarik
  • Mencari apa yang mereka butuhkan dari hashtag

Ada 4 hal yang dilarang apabila berjualan di Instagram

  1. DIlarang spam hashtag
  2. Dilarang spam komen
  3. Dilarang memuat konten buruk
  4. Dilarang posting gambar buruk

Kemudian kita pelajari profil pengguna instagram :

  • Menyukai visual
  • Pengguna smartphone
  • Suka fotografi / selfie
  • Suka belanja online

Tips berjualan di Instgram :

  • Fotonya bagus
  • Ceritanya bagus
  • Notifikasi di instagram
  • Promosi

Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat video dibawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *