Cara Agar Anak Nafsu Makan

Cara Agar Anak Nafsu Makan

Para ibu yang memiliki si kecil dirumah pasti menghadapi banyak kendala dalam merawat si kecil. Merawat si kecil bisa dibilang gampang-gampang susah. Apalagi kalau anak susah makan, ibu akan putar otak bagaimana cara agar anak nafsu makan. Apabila anak dibiarkan susah makan maka anak akan kekurangan gizi, oleh sebab itu seorang ibu wajib mengetahui bagaimana cara agar anak nafsu makan.

Cara Agar Anak Nafsu Makan

Berikut adalah beberapa cara agar anak nafsu makan :

BUAT JADWAL MAKAN

Pastikan untuk membuat jadwal makan untuk si kecil, menurut beberapa ahli gizi anak-anak membutuhkan makan setidaknya 3-4 jam sekali, enatah itu makan nasi, bubur atau sekedar makanan ringan. Jadi usahakan agar sikecil makan dalam waktu yang teratur.  Agar makan teratur maka bisa dibuat jawal harian saat jam berapa anak makan nasi , makanan ringan ,minum susu atau ASI. Ketika sikecil memiliki waktu makan  yang teratur  , nafsu makannya bisa bertambah dan pola makannya pun bisa berjalan dengan baik.

GANTI MENU MAKAN SI KECIL

Usahakan untuk memberi sikecil menu makan yang beragam dan selalu ganti setiap harinya. Jika anda memberikan menu makan yang sama setiap harinya pada sikecil hal ini justru akan membuat sikecil bosan dan tak suka makan. Selalu ganti menu makanan si kecil  dan cukupi nutrisi yang diperlukan tubuh dengan baik.

MAKAN MAKANAN YANG DIMAKAN SIKECIL

Jika anda ingin sikecil makan makanan tertentu pastikan bahwa anda semua anggota keluarga juga makan makanan tersebut. Misalnya saja jika anda ingin sikecil makan pisang atau sayur nayam, anggota keluarga juga perlu makan makanan tersebut.Beri contoh sikecil agar dia makan makanan yang baik dan disukai oleh anggota keluarga.

BUAT SUASANA MAKAN YANG MENYENANGKAN

Usahakan agar aktifitas makan adalah aktifitas yang menyenangkan. Dengan cara ini dipastikan bahwa sikecil akan meningkat nafsu makannya dan menjadi lebih baik. Anda bisa mengajak sikecil makan sambil bermain atau duduk duduk diteras rumah sambil melihat orang lewat. Saat sikecil senang dan nyaman , aktifitas makannya pun akan semakin menyenagkan dan nyaman.

AJAK SIKECIL MEMASAK DAN MEMILIH MAKANANNYA SENDIRI

Satu lagi cara agak sikecil meningkat nafsu makannya adalah ajak sikecil memasak dan memilih makanannya sendiri. Dengan melibatkan sikecil dalam memasak dan memilih makanannya sendiri, hal ini akan meningkatkan nafsu makannya. Tapi ingat saat anda mengajak sikecil memasak atau memilih makanannya sendiri pastikan bahwa aktifitas ytersebut aman bagi sikecil.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *