Bunda Ini 10 Tips Agar Anak Rajin Membantu Pekerjaan Rumah

Bunda Ini 10 Tips Agar Anak Rajin Membantu Pekerjaan Rumah

Membiasakan anak yang sudah dewasa untuk merampungkan pekerjaannya bukanlah perkara yang instan.

Seperti menyuruh anak bersihkan tempat tinggal, umpamanya. Hal semacam ini perlu supaya anak tidak seutuhnya memercayakan orang-tua serta asisten rumah tangga.

Karenanya bunda mesti melatih anak sejak awal, begini langkah cerdasnya. Kita mengharapkan, waktu anak dewasa, ia jadi mandiri. Tapi, bagaimana langkah untuk langkah mengajarkannya?

Carol Paul, penulis buku The Ultimate Family Clean Up The House Formula, diambil dari parenting. com, memberi anjuran, “Bersabarlah dengan mereka, serta beri panduan dua atau tiga langkah singkat serta simpel. ” Selanjutnya, Paul memberi sebagian kesibukan bersihkan tempat tinggal yang dapat Bunda sampaikan pada anak. Pastinya, dengan mengambil keputusan standard yang sesuai sama untuk usianya.

Bunda Ini 10 Tips Agar Anak Rajin Membantu Pekerjaan Rumah

Dengan mengikuti lngkah-langkah dibawah ini semoga anak kita bisa mandiri dan membantu bunda ya. Kelak dewasa juga akan terbiasa dengan pekerjaan rumah

1. Bersihkan lantai dengan vacuum cleaner. Anak umur 2-3 th. telah bisa lakukan aktivitas ini. Paul memohon anak supaya ingin coba menyedot semuanya yang ia dapat. Ia juga memilihkan vacuum yang enteng hingga mempermudah anak lakukan aktivitasnya.

2. Mengepel lantai. Beri anak kain serta botol semprot yang sudah di isi air. Anak bisa memakainya dengan menyapukan kain yang sudah basahi ke permukaan lantai mana saja. Semakin lebih baik, bila lantai sudah dibikin bersih dengan penyedot debu, hingga sistem mengepel lantainya lebih gampang serta cepat.

3. Buang sampah serta ganti plastiknya. Kesibukan ini termasuk juga gampang ditangani anak. Sebelumnya ia pergi buang sampah, sediakan kantong plastik pengganti yang dapat ia gunakan ditempat sampah. Jika muatan sampah sangat berat, Bunda bisa ganti tugasnya dengan memisah sampah berdasar pada macamnya serta memasukkannya ke wadah yang Bunda siapkan.

4. Bersihkan kamar mandi. Biasanya anak sukai main air. Untuk bersihkan kamar mandi, beri ia botol kecil yang sudah di isi cairan pembersih, serta perlihatkan langkah menyemprotkan cairan itu ke lantai, wastafel, cermin, serta ruang beda, lalu menyikatnya. Bila anak Bunda lebih dari satu orang, bisa dikerjakan pembagian pekerjaan.

5. Mengelap meja makan. Bekali anak ember kecil diisi air serta lap. Aktivitas ini enteng, tetapi sekalian bisa melatih otot motoriknya.

6. Menolong membersihkan baju. Membersihkan baju sesungguhnya yaitu pekerjaan yang simpel. Tetapi, karna umumnya sejumlah banyak, jadi seperti pekerjaan besar. Bunda bisa melibatkan anak lakukan aktivitas ini lewat cara memohon ia memisah baju kotor yang berwarna dengan yang putih, lalu membawanya ke ruangan bersihkan. Bunda dapat juga tunjukkan pada mereka langkah menjalankan mesin pencuci serta pengering. Pastinya mesti dengan didampingi orangtua.

7. Bersihkan debu dengan kemoceng. Anak-anak sukai memakai alat, seperti kemoceng atau penghapus debu dari bulu, untuk bersihkan rack, jendela, serta cermin.

8. Isi ulang barang persediaan yang sudah habis, seperti kertas toilet, dispenser sabun, air di vas bunga.

9. Bersihkan tempat yang terlewati. Umpamanya, gagang pintu, sakelar lampu, atau menyedot debu di kolong sofa.

10. Melipat baju sendiri. Melipat cucian yaitu pekerjaan yang bagus untuk anak. Walau hasil lipatan mereka belum juga prima kerapiannya, paling tidak ia telah berlatih mulai sejak kecil, hingga punya kebiasaan saat dewasa kelak.

Aktivitas mana yang paling mungkin saja dikerjakan si kecil, Bund?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *