Booking AirBnB Indonesia Agak Ribet Ya

Sebentar lagi libur lebaran dan pasti banyak yang sudah merencanakan liburan lebarannya. Mungkin ada yang pulang kampung ke rumah orang tua atau juga pergi berlibur ke luar kota yang tidak pernah disinggahi. Bagi yang pergi berlibur ke luar kota mungkin banyak yang bingung mau menginap dimana ya. Apakah hotel atau rumah yang disewakan? kalau Hotel biasa kita memakai Agoda atau Traveloka dan kalau mau nyewa rumah pakai Airbnb. Pernahkah booking memakai airbnb ? ternyata booking airbnb Indonesia agak ribet ya.

Booking AirBnB Indonesia Agak Ribet Ya

Ini merupakan pengaaman pertama booking atau sewa rumah dari airbnb , karena terbiasa memakai agoda dan traveloka yang lebih sederhana sedangkan airbnb ternyata berbeda loh. Apa yang membedakannya ? oke kalau sekilas memang hampir sama dengan Agoda dan Traveloka yaitu kita booking menggunakan aplikasi di hp. Tingal buka aplikasinya dan log in , bisa memakai akun FB atau akun Google. Setelah log ini baru kita memilih rumah yang mau kita sewa.

Melihat harga sewa agak membingungkan karena memakai Dollar Amerika, saya bermaksud setting ke rupiah ternyata tidak ada. Yang ada mata uang lainnya, dan saya sendiri tidak tahu kenapa tidak ada rupiah. terpaksa kita memakai kalkulator buat melihat harga rupiahnya. Keribetan kedua adalah kita harus memasukan jumlahanggota keluarga yang akan menginap. Ini mungkin sama dengan di hotel akan tetapi karena hotel tidak peduli yang akan datang sebenarnya berapa sedangkan di airbnb kan kita swa rumah yang ada tuan rumahnya. Jadi kalau tidak sesuai dengan jumlah orang yang akan menginap maka nanti kita tidak enak dengan tuan rumahnya.

Sedangkan kalau keluarga kita banyak dan ada jumlah maksimal di formulir sehinga kita tidak bisa memasukan jumlah yang sesungguhnya sehingga kita harus email ke tuan rumah untuk menanyakan apakah boleh lebih dari jumlah maksimal yang diperbolehkan. Disini memang agak ribet ya andingkan kalau kita sewa villa di puncak , kita tingal sewa saja villa berapa kamar dan langsung masuk ke villanya.

Balik lagi ke rumah yang akan kita sewa kalau disetujui maka kita baru bisa booking. Keribetan ketiga adalah masalah harga , ternyata harga yang tercantum di tanggal yang kita inginkan adalah harga dasar atau harga termurah dan ketika kita masukan jumlah orang yang akan menginap maka harganya jadi berbeda !! saya sendiri tidak tahu harga yang tercantum itu berdasarkan orang atau apa. Jadi rencana kita sewa jadi berubah karena harga yang berubah ketika kita masukan jumlah orang yang akan menginap.

Keribetan keempat adalah proses pembayaran karena di airbnb tidak bisa pembayaran sistem transfer. Dan ini memang memusingkan bagi orang yang tidak mempunyai kartu kredit seperti saya. Ini seperti Agoda yang hanya bisa dengan kartu kredit berbeda dengan Travekloka yang memperbolehkan pembayaran memakai transfer bank. Ini adalah keribetan terakhir ketika booking Airbnb Indonesia. Saya sendiri sudah booking dan berhasil bookingnya. Semoga saja nanti rumah yang akan ditempati memuaskan ya..

Harapan saya tulisan ini berguna bagi orang yang belum pernah booking rumah lewat airbnb.

One Comment on “Booking AirBnB Indonesia Agak Ribet Ya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *