Bagaimana Youtuber Dapat Uang

Saat ini banyak anak muda yang ingin menjadi youtuber. Yah..profesi menjadi youtuber memang profesi yang cukup menggiurkan karena banyak youtuber yang memiliki penghasilan yang besar hanya dengan menhasilkan video konten. Banyak contoh youtuber di indonesia yang tadinya orang biasa menjadi selebriti. Contoh adalah Agug hapsah, Bayu Skak, Reza Arab, dll. Kalau kita amati mereka sangat serius menjadi youtuber pasti juga karena penghasilannya juga besar. Sebenarnya dari mana penghasilan seorang youtuber itu sendiri ?

Tulisan ini akan menjelaskan bagaimana youtuber dapat uang. Bagi seorang youtuber jumlah subscriber sangat penting bagi mereka. Ini seperti aset yang akan membuat mereka mendapatkan uang banyak. Semakin banyak jumlah orang yang subscribe maka semakin banyak juga jumlah viewer video mereka. Ini berkaitan dengan iklan.

Bagaimana Youtuber Dapat Uang

Iklan Di Youtube

Penghasilan seorang yotuber yang utama adalah dari iklan. Mungkin anda tahu kalau menonton youtube ada beberapa iklan yang terpasang seperti di samping video, diawal video, di tengah video dan juga ada di bawah video. Untuk iklan di samping video harganya tidak mahal sedangkan iklan yang skipable yaitu iklan di awal dan di tengah video harganya bisa mahal. Masing-masing yotuber memiliki CPM masing-masing. CPM adalah cost per thousand. Misalkan CPM anda adalah $5 maka berarti setiap 1000 kali iklan tersebut di tonton maka anda mendapatkan $5. Dan ketika yotuube mengambil haknya sekiatar 45% maka anda sebagai pemilik video akan mendapatkan $2.75. Untuk mendapatkan uang dari youtube maka anda harus menjadi youtube partner. Kalau anda sudah menjadi youtube partner maka anda bisa disebut youtuber. Youtuber dapat uang dari monetized views yaitu ketika penonton video betul-betul menonton iklannya dan mengklik iklannya sampai habis. Bagaimana memiliki viewers yang banyak ? anda harus berinteraksi dengan pemirsa. Pemirsa video anda harus like, subscribe dan share. Ketika banyak yang share maka jumlah view otomatis akan banyak.

Merchandise

Banyak youtuber sekarang menjual merchandise yaitu barang-barang yang mereka jual seperti kaos, topi, gelas, dsb. Ini juga bisa menjadi penghasilan tambahan bagi mereka para youtubers.

Product Placement / Brand Deals

Banyak youtuber saat ini mempromosikan produk orang lain di dalam video mereka. Ini juga bisa menjadi penghasilan para youtubers. Semakin banyak jumlah subscriber berbanding lurus dengan jumlah deal dengan pemegang produk yang diiklankan.

Bintang Tamu

Ketika anda sebagai youtubers sudah banyak penggemarnya maka anda akan diundang menjadi bintang tamu di acara-acara offair. Menjadi bintang tamu artinya anda akan mendapatkan fee seseuai dengan kesepakatan. Saat ini banyak yotubers yang berekspansi ke acara tv nasional, dan mereka semakin banyak penghasilannya kalau sudah merambah ke tv nasional.

Diatas adalah beberapa penghasilan yang bisa didapat oleh youtubers. Mungkin anda tahu sumber lainnya bisa ditulis lewat komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *