10 Kesalahan Paling Fatal Saat Charge Baterai Smartphone

10 Kesalahan Paling Fatal Saat Charge Baterai Smartphone

Saat ini kita hidup dengan ketergantungan akan handphone. Dan Baterai handphone sangat penting agar tetap normal dan tidak cepat habis. Malah ketika kita makan di suatu tempat yang dicari adalah colokan untuk charge handphone kita. Smartphone sangat menguras baterai dibanding handphone jaman dulu yang hanya digunakan untuk menelpon dan sms saja.

10 Kesalahan Paling Fatal Saat Charge Baterai Smartphone

Berikut adalah 10 kesalahan paling fatal saat charge baterai smartphone :

  1. Sering menggunakan powerbank. Kebutuhan pemakaian ponsel membuat kita sangat tergantung pada powerbank. Tetapi tahukah anda bahwa penggunaan powerbank yang sering akan membuat baterai cepat rusak. Panas yang dipancarkan oleh powerbank akan merusak baretai ponsel anda juga. Oleh karena itu penggunaan charger biasa sangat dianjurkan digunakan sehari-hari. Penggunaan powerbank hanya untuk kondisi darurat.
  2. Tidak menggunakan ponsel saat di charge. Banyak yang bilang penggunaan ponsel ketika di charge akan merusak baterai ponsel. Ternyata hal ini adalah mitos. Kita bisa menggunakan ponsel ketika sedang di charge. Hanya saja memang lama waktu charge menjadi lebih lama dibanding tidak dipakai.
  3. Ngecharge pada kondisi suhu ekstrim. Suhu yang panas akan membuat ponsel menjadi lamban. Ini karena pada kondisi panas maka baterai ponsel tidak stabil dan ini mempengaruhi kerja ponsel. Dan sama juga ketika kita ngecharge ponsel pada saat suhu tinggi. Baterai ponsel tidak akan bekerja maksimal, jadi jangan charge baterai dibawah sinar matahari.
  4. Memakai perangkat kabel yang tiruan. Kabel usb yang dijual diluar bebas besifat universal. Artinya satu charger dapat mengisi seluruh ponsel. Sayangnya anda harus tahu bahwa semua kepala kabel tidak bisa dipakai untuk semua ponsel. Beberapa kepala charger di rancang untuk memutus aliran listrik begitu kapasitas baterai sudah 100 %.
  5. Mematikan koneksi tetapi memainkan game pada saat ngecharge. Bermain game akan menguras baterai ponsel anda lebih cepat dibanding browsing di internet. Sehingga hindari bermain game pada saat ponsel sedang di charge.
  6. Mengecharge ponsel yang baru dibeli sampai 100 %. Banyak yang bilang bahwa ngecharge ponsel yang baru dibeli harus sampai 100%. Hal ini ternyata salah besar karena baterai berjenis lithium dapat langsung dipakai ketika baru dibeli. Hal ini berbeda dengan jenis baterai berjenis nikel yang harus dichare sampai 100% terlebih dahulu.
  7. Menggunakan kabel nirkabel.Charger jenis ini memancarkan panas lebih banyak dibanding charger biasa sehingga akan cepat merusak baterai ponsel anda.
  8. Kabel charger terlalu panjang. Kabel yang panjang akan menghilangkan daya listrik ke ponsel anda. Sehingga proses ngecharge semakin lama kalau memakai kabel yang panjang.
  9. Tidur saat ngecharge ponsel. Panas berlebihan pada ponsel akan merusak daya baterai ponsel tersebut sehingga apabila ngecharge pada saat tidur akan membuat ponsel lebih panas dari biasanya. hal ini akan merusak batere ponsel anda.
  10. Menunggu baterai hingga 0% baru di charge sampai 100%. Ketika baterai ponsel andal sudah habis ini menyebabkan baterai ponsel anda tertekan. Pabila ini sering dilakukan maka baterai ponsel anda akan rusak dan tidak normal lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *